Pemda DIY Terus Memantau Kenaikan Kasus Omicron

YOGYA, KRJOGJA.com – Adanya kasus Omicron di sejumlah daerah di Indonesia menjadi perhatian pemerintah. Sejumlah upaya terus dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 varian Omicron. Selain mengingatkan masyarakat tentang arti pentingnya penegakkan protokol kesehatan (Prokes) juga mengencarkan vaksinasi Covid-19 termasuk untuk booster. Seperti yang dilakukan oleh Pemda DIY dengan mengencarkan vaksinasi. Tindakan itu dilakukan karena pemerintah pusat memprediksikan puncak gelombang Omicron pada pertengahan Februari atau awal Maret.

“Kasus harian Covid-19 di DIY dalam beberapa hari terakhir menunjukkan adanya peningkatan. Oleh karena itu, saya minta masyarakat agar selalu menegakkan Prokes dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Karena selain mengencarkan vaksinasi, penegakkan Prokes sampai saat ini masih diyakini cukup efektif untuk mencegah terjadinya penularan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, K Baskara Aji di Yogyakarta, Minggu (30/1/2022).

Baskara Aji mengatakan, meski gejala dan dampaknya dari adanya Covid-19 varian Omicron cenderung ringan. Namun tetap berpotensi membebani sistem pelayanan kesehatan.Oleh karena itu sejumlah upaya dan persiapan terus dilakukan oleh Pemda DIY mulai dari Isoter, obat-obatan, oksigen, RS dan tenaga kesehatan. Semua itu dilakukan untuk memberikan layanan terbaik kepada pasien dan mengantisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan.

“Meski pemerintah telah melakukan sejumlah kelonggaran, masyarakat tidak boleh mengabaikan Prokes. Karena dalam kondisi seperti sekarang penegakkan Prokes secara ketat dan disiplin sangat penting,”ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI