Pemda DIY Tingkatkan Kewaspadaan Terjadinya Lonjakan Covid-19 Jelang Nataru

Editor: Ary B Prass

Baskara Aji menyampaikan cakupan vaksinasi Covid-19 di DIY dosis pertama telah mencapai 96,75 persen dan dosis dua sebesar 85,22 persen per 1 Desember 2021. Pemda DIY tengah berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi dosis pertama 100 persen maupun cakupan vaksinasi dosis dua saat ini supaya bisa mencapai dosis lengkap pada Desember 2021 ini.

” Penting untuk mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap, hal ini membantu membentuk perlindungan yang maksimal terhadap varian-varian baru virus Korona. Upaya percepatan vaksinasi dengan berbagai cara dan sinergi berbagai pihak guna mewujudkan kekebalan komunal.  Jangan sampai kita terlena karena penambahan kasus cenderung landai dan semoga varian baru Omicron tidak menginfeksi masyarakat,” tandasnya.

Senada, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X menyatakan Pemda DIY telah menyiapkan segala sesuatunya guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 seperti yang pernah terjadi di momentum Nataru tahun sebelumnya.

Pemda DIY juga telah berhasil memvaksin Covid-19 dosis mencapai lebih 96% total penduduk DIY dan ditargetkan bisa tercapai 100 persen vaksinasi dosis pertama awal Desember 2021 ini.

” Kami telah secara khusus memberikan instruksi untuk seluruh puskesmas di DIY melayani vaksinasi secara massal sehingga target bisa terlampaui. Kami pun menyiapkan dua tempat isoter, tetapi saya harap tidak terjadi lonjakan kasus sehingga isoter tidak digunakan. Jadi persiapan-persiapan antisipasi jelang Nataru seperti ini sudah kita koordinasikan,” terang Sultan HB X.

Pemerintah Pusat menekankan kepada Kepala Daerah supaya lebih waspada dan menggenjot penyelesaian vaksinasi Covid-19. Pengetatan transportasi masyarakat terutama daerah yang memiliki bandara internasional harus pula ditingkatkan serta penegakan protokol kesehatan dan disiplin penggunaan PeduliLindungi harus ditingkatkan terutama di tempat-tempat publik. (Ira)

BERITA REKOMENDASI