Pemda DIY Utamakan Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga Bagi Nakes

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepala Daerah maupun pejabat tinggi di lingkungan Pemda DIY belum mendapatkan suntikan ketiga vaksin Covid-19 atau suntikan booster sejauh ini. Pemda DIY memastikan jatah suntikan ketiga vaksin Covid-19 atau vaksin booster hanya diprioritaskan bagi tenaga kesehatan atau nakes sampai saat ini.

Kepala Bagian Humas Biro Humas dan Protokoler (UHP) Setda DIY Ditya Nanaryo Aji mengatakan Gubernur DIY, wakil Gubernur DIY dan pejabat di lingkungan Pemda DIY belum ada yang disuntik booster. Hal ini seiring santernya informasi sejumlah pejabat di beberapa provinsi yang sudah mendapatkan suntikan booster dengan vaksin Moderna.

“Jadi Pak Gubernur, Pak Wagub maupun pejabat di lingkungan Pemda DIY belum ada yang disuntik vaksin Covid-19 dosis ketiga sampai saat ini. Suntikan booster ketiga diutamakan semuanya bagi nakes, sedangkan bagi pejabat akan dilakukan apabila memang sudah ada arahan dari pusat,” tuturnya di Yogyakarta, Minggu (29/8/2021).

Ditya menegaskan pihaknya berpatokan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nomor HK.02.01/1919/2021. Suntikan booster hanya diberikan kepada nakes maupun tenaga pendukung kesehatan yang telah mendapatkan dosis pertama dan kedua. Sebelumnya, Kemenkes menegaskan suntikan booster hanya diperuntukkan bagi nakes karena merekalah yang berada di garda terdepan untuk penanganan Covid-19.

“Capaian cakupan vaksin dosis ketiga nakes di DIY telah mencapai 17.939 nakes atau 53 persen berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY perr 28 Agustus 2021 lalu. Datanya terus bergerak karena kami tengah fokus melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di DIY agar segera mencapai mencapai target sasaran,” terangnya.

Data capaian vaksinasi Covid-19 di DIY dengan total sasaran 2.879.699 orang yaitu vaksin dosis pertama mencapai 1.580.386 orang atau 54,98 persen dan vaksin dosis kedua mencapai 676.561 orang atau 23,49 persen pada 28 Agustus 2021.

“Kami pastikan vaksin Moderna hanya disuntikan hanya kepada nakes sebagai tambahan booster di DIY. Yang lain tidak menerima, saya saja tidak mendapatkan vaksin tambahan ketiga ini, khusus buat nakes dulu. Selanjutnya, kami melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 agar segera terbentuk herd immunity nantinya,” tegas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaningastutie. (Ira)

BERITA REKOMENDASI