Pemeriksaan Hewan Kurban di Pasar Tiban Berizin

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemeriksaan kesehatan hewan yang akan dilakukan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogya diprioritaskan bagi pasar tiban yang berizin. Pengajuan izin melalui kecamatan setempat dan wajib memenuhi ketentuan sesuai dalam surat edaran walikota.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogya Sugeng Darmanto, mengaku sudah dibentuk koordinator di tiap kecamatan. “Titik lokasi penjualan hewan kurban akan dipantau oleh tim dari kecamatan. Tim dari kami akan bergerak untuk memantau kelayakan lokasi dan kesehatan hewannya,” jelasnya, Minggu (19/7/2020).

Kelayakan lokasi yang diperiksa meliputi kebutuhan makan dan minum hewan hingga tempat pembuangan limbahnya. Sedangkan untuk kesehatan menyangkut usia dan fisik hewan kurban. Jika hewan yang dijual di pasar tiban tersebut dinyatakan sehat maka akan dibekali kalung sebagai penanda sudah diperiksa dan dijamin kesehatannya.

Sugeng mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 5.000 kalung atau label sehat. Namun diprediksi yang terpakai hanya separuhnya dan mayoritas untuk kambing. Hal ini karena sebagian besar hewan kurban di pasar tiban berupa kambing. “Untuk antemortemnya, kami akan terjun mulai H-10. Terutama ke tempat penjualan yang sudah berizin dari kecamatan,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI