Pemerintah-Swasta Bahu Membahu Kembangkan Energi Alternatif Berkelanjutan Indonesia

YOGYA, KRJOGJA.com – Saat ini dunia sedang berada dalam fase transisi energi untuk mengatasi dampak perubahan iklim. Kolaborasi berbagai pihak sangat diperlukan untuk memastikan Indonesia berada pada jalur tepat menciptakan solusi energi alternatif yang berkesinambungan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji, mengatakan berbagai upaya tengah dilakukan pemerintah untuk mempersiapkan industri energi nasional agar kompetitif di masa transisi energi. Transisi energi menurut dia membuka peluang untuk mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan pemerintah menargetkan porsi EBT pada bauran energi sebesar 23 persen pada 2025 dan naik menjadi 31 persen pada 2050.

“Kondisi tersebut membuka kesempatan bagi pengembangan kewirausahaan dan inovasi di bidang energi. Sebagai inti dari mitigasi iklim, transisi energi menuju energi yang lebih bersih, energi terbarukan memainkan peran kunci dalam mengurangi emisi karbon untuk mencapai net-zero emission,” ungkap Tetuka saat membuka acara virtual Shell LiveWIRE Energy Solutions 2021, Rabu (8/9/2021).

BERITA REKOMENDASI