Pemkot Jangan Malu Berinovasi Kegiatan Orientasi Pendapatan

YOGYA, KRJOGJA.com – Kondisi pandemi yang sudah berlangsung tujuh bulan membutuhkan upaya rekoveri ekonomi yang cepat dan tepat. Apalagi selama pandemi banyak kegiatan pemerintah yang harus direalokasi. Pemkot Yogya pun diminta tidak malu untuk berinovasi terhadap kegiatan yang berorientasi pada pendapatan.

Anggota DPRD Kota Yogya M Hasan Widagdo, menegaskan pajak bukan satu-satunya solusi untuk meningkatkan pendapatan daerah. Dirinya pun mengkritik kebijakan kenaikan pajak seperti halnya PBB yang berimbas pada masyarakat.

“Jangan lagi lah walikota membuat kebijakan berupa kenaikan pajak yang ‘ugal-ugalan’. Selama itu untuk meningkatkan kesejahteraan warga, maka Pemkot jangan malu untuk membuat inovasi kegiatan yang orientasinya pada pendapatan,” tegasnya.

Inovasi kegiatan yang berorientasi terhadap pendapatan tersebut bisa dilakukan dari sektor pengelolaan aset, badan usaha milik daerah (BUMD) hingga pola kerja sama yang mengedepankan G-to-C atau Government to Corporate. Dari aspek pengelolaan aset, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menambahkan, langkah awal perlu didahului dengan pendataan ulang terhadap semua aset yang dimiliki Pemkot. Selanjutnya merumuskan pola pemanfaatan untuk optimalisasi aset yang berimplikasi terhadap pendapatan daerah.

“Misal aset di kawasan premium ya gunakan untuk kepentingan komersil. Jangan sampai justru dibiarkan mangkrak,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI