Pemkot Perkuat Data untuk Kejar KLA

YOGYA, KRJOGJA.com – Tahap awal penilaian Kota Layak Anak (KLA) 2020 mulai digulirkan. Pemkot Yogya pun akan memperkuat data primer dan data pendukung, sehingga cita-cita untuk meraih predikat KLA yang sebenarnya bisa diwujudkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogya Edy Muhammad, menuturkan input data untuk penilaian akan dilakukan pada 21 Maret sampai 11 April. “Sifatnya adalah penilaian administrasi, tetapi harus dipersiapkan dukungan data yang kuat, termasuk bukti-buktinya jika nanti dilakukan verifikasi ke lapangan,” katanya, akhir pekan lalu.

Tahun lalu Kota Yogya meraih predikat KLA kategori Nindya. Sedangkan tahun ini ditargetkan mampu berhasil naik satu tingkat menjadi Utama. Edy optimis mampu meraih nilai tinggi dan bisa memperoleh predikat sebagai KLA yang sebenarnya saat melakukan ‘self assessment’ untuk tahap penilaian administrasi pada tahun lalu.
Namun, penilaian tersebut berbalik 180 derajat saat dilakukan verifikasi di lapangan oleh tim penilai.
Hal ini karena banyak program yang belum didukung oleh bukti-bukti kuat sehingga data awal diragukan. Akibatnya pada tahun lalu Kota Yogya pun harus puas memperoleh predikat pada kategori Nindya.

BERITA REKOMENDASI