Pemkot Yogya Mulai Menyiapkan Protokol Normal Baru

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya mulai menyiapkan protokol kondisi normal baru ketika pandemi Covid-19 sudah berakhir. Protokol itu nantinya akan dituangkan dalam regulasi khusus sebagai acuan sekaligus landasan hukum bagi pelanggarnya.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan ‘new normal protocol’ atau protokol normal baru merupakan respons terhadap kondisi saat ini.

“Protokol normal baru itu nanti untuk diberlakukan ketika kondisi sudah benar-benar bebas atau stabil dari Corona. Kalau sekarang ini kan kondisinya belum landai namun aktivitas masyarakat sudah kembali seperti ini. Makanya perlu ada respons,” jelasnya, Senin (18/5/2020).

Tanda-tanda stabil atau bebas dari virus Corona, menurut Heroe, hingga saat ini belum bisa dipastikan. Kondisi stabil bisa dilihat dari kasus yang cenderung turun hingga tidak ada kasus baru. Dari sisi tersebut, kasus di Kota Yogya sebenarnya hampir menunjukkan pola sama, baik pasien positi, pasien dalam pengawasan (PDP) maupun orang dalam pemantauan (ODP) semakin berkurang. Akan tetapi akumulatif di tingkat DIY masih cukup dinamis.

BERITA REKOMENDASI