Pemkot Yogya Siap Berangkatkan 8 KK untuk Transmigrasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya pada tahun ini akan memberangkatkan delapan kepala keluarga (KK) untuk mengikuti program transmigrasi dari pemerintah pusat. Rencananya pemberangkatan akan dilakukan dalam dua gelombang yakni Juli dan Oktober.

Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogya Erna Nur Setyaningsih, menjelaskan jumlah kuota transmigran yang diberangkatkan Pemkot tahun ini lebih banyak dibanding tahun 2021 yakni lima KK yang diberangkatkan pada Desember.

“Peserta yang mengikuti program transmigrasi tahun ini berasal dari Kemantren Ngampilan, Tegalrejo dan Jetis dengan masing-masing kemantren sejumlah dua KK serta Kemantren Umbulharjo dan Kemantren Gedongtengen,” jelasnya, Selasa (7/6/2022).

Tujuan penempatan transmigran kali ini berada di daerah Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara. Menurut Erna Nur Setyaningsih, minat masyarakat untuk transmigrasi relatif baik. Hal ini dilihat dari kuota yang disediakan pemerintah pusat selalu terpenuhi.

Program ini diawali dengan kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Transmigrasi kepada masyarakat. Tujuannya untuk memberikan informasi tentang adanya program transmigrasi yang diadakan Pemkot Yogya.

“KIE Transmigrasi ini diharapkan dapat menarik minat masyarakat yang ingin meningkatkan taraf hidup di lokasi penempatan transmigrasi,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI