Pemotongan Anggaran Alat Bantu Bagi Penyandang Disabilitas Disesalkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Jaringan Organisasi Penyandang Disabilitas yang terdiri dari 41 kelompok organisasi di Indonesia mendesak Presiden RI untuk memerintahkan para menteri meninjau kembali pemotongan anggaran. Karena hal ini berdampak pada kehidupan penyandang disabilitas, terutama bantuan untuk alat bantu yang menjadi kebutuhan dasar penyandang disabilitas.

Nining Suryatiningsih dari Ohana mengemukakan pernyataan sikap tersebut dalam jumpa pers daring, Minggu (14/12/2020) petang. Selain Nuning, narasumber lain adalah Yeni Rosa Damayanti (Perhimpunan Jiwa Sehat – PJS), Maulani Rotinsulu (Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia – HWDI) dan Fajri Nursyamsi (Pusat Studi Hukum dan Kebijakan).

“Presiden perlu memerintahkan Plt Menteri Sosial agar memastikan Bansos Covid-19 untuk penyandang disabilitas memperhatikan kebutuhan sehari-hari tentang bantuan kebersihan dan perawatan kesehatan, terutama perawatan kesehatan reproduksi perempuan disabilitas. Serta peralatan perlindungan yang sesuai dengan protocol Covid-19 seperti masker, hand sanitizer, dan peralatan lainnya,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI