Pemuda Dusun Banyakan Ikuti Pelatihan, Budidaya Maggot Efektif Kurangi Volume Sampah

YOGYA, KRJOGJA.com – Kelompok Aliansi Banyakan Bergerak bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul dan Polda DIY menyelenggarakan kegiatan sosialiasi dan pelatihan pengelolaan sampah TPA Piyungan melalui budidaya larva lalat Black Soldier Fly (BSF) atau maggot. Kegiatan diselenggarakan di Dusun Banyakan 3, RT 01 Sitimulyo Piyungan Bantul, Senin (25/7/2022) diikuti puluhan pemuda.

Kepala DLH Bantul Ari Budi Nugroho mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pemuda bisa mengelola sampah rumah tangga (sampah organik) untuk budidaya maggot yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Maggot biasanya untuk pakan ternak seperti unggas maupun untuk ikan. Maggot merupakan pakan ternak yang bernilai unggul karena kandungan nutrisinya yang baik untuk ternak.

Menurut Ari, jika nantinya budidaya maggot bisa dilaksanakan oleh semua warga di Desa Sitimulyo, maka akan berkontribusi mengurangi volume sampah organik. “Budidaya manggot ini sangat mudah dan murah, tidak membutuhkan teknologi yang rumit, sehingga bisa dilakukan oleh setiap rumah tangga/KK. Ini akan mendukung visi Pemerintah Kabupaten Bantul yaitu Bantul Bersih Sampah Tahun 2025,” terang Ari kepada wartawan di sela kegiatan.

BERITA REKOMENDASI