Pencairan ASPD Jatah Januari-Maret Ditunda, Apa Sebabnya?

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Sosial Kota Yogya berupaya mengajukan proses pencairan program Asisten Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD), terutama untuk jatah selama tiga bulan periode Januari hingga Maret 2020. Akan tetapi, hasil konsultasi dengan keuangan daerah terpaksa ada penundaan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Yogya Tri Maryatun, mengungkapkan ASPD sebenarnya rutin diberikan setiap tahun. “Jatahnya selama 12 bulan dan biasanya kami cairkan setiap empat bulan, tetapi karena Covid-19 jadi berubah,” jelasnya, Rabu (15/7/2020).

Oleh karena itu, biasanya pencairan ASPD tahap pertama dilakukan pada akhir April. Akan tetapi saat terjadi pandemi Covid-19, Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggulirkan program bantuan sosial. Sehingga bantuan serupa yang diberikan oleh daerah terpaksa ditunda untuk sementara agar tidak terjadi duplikasi intervensi.

Hanya, bantuan sosial dari pusat sejauh ini hanya berlaku selama tiga bulan untuk periode April hingga Juni. Sedangkan Juli sampai akhir tahun masih belum ada kepastian. Jika bantuan sosial dari pusat ternyata dihentikan, maka ASPD Kota Yogya akan langsung digulirkan. Namun, jatah untuk Januari hingga Maret akan diproses pencairan terlebih dahulu karena sudah dialokasikan.

“Setelah kami konsultasikan ke keuangan, ternyata masih ada dampak realokasi anggaran. Penundaan ini belum bisa kami pastikan sampai kapan. Semoga dalam waktu dekat sudah bisa diproses,” imbuh Tri Maryatun.

BERITA REKOMENDASI