Penerimaan Pajak DIY, Lima Sektor Dominan Paling Berkontribusi Besar

YOGYA, KRJOGJA.com – Realisasi penerimaan pajak di DIY sebesar 94,98 persen atau sekitar Rp 4,7 triliun sampai dengan akhir tahun 2020 dari target sebesar Rp 4,9 triliun. Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY masih mengalami growth atau pertumbuhan positif, tetapi secara konsisten menunjukkan kontraksi yang semakin dalam mulai Maret 2020. Hal ini seiring kondisi pertumbuhan ekonomi regional sehingga pertumbuhan penerimaan pajak terkontraksi -9,77 persen pada 2020.

Kepala Kanwil DJP DIY Yoyok Satiotomo mengatakan lima sektor dominan yaitu perdagangan besar dan eceran, jasa keuangan dan asuransi, administrasi pemerintahan, industri pengolahan serta konstruksi di Kanwil DJP DIY memiliki kontribusi sebesar 70 persen dari penerimaan pajak. Secara umum semua sektor mengalami pertumbuhan negatif (yoy), kecuali industri pengolahan.

“Kontraksi pada beberapa sektor utama mulai mereda pada triwulan IV 2020 ketika aktivitas ekonomi sudah mengalami tren kenaikan,” ujarnya di Kantor Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) DIY, Selasa (9/2/2021).

BERITA REKOMENDASI