Pengetan 216 Tahun Kadipaten Pakualaman Gelar Khitanan Bersama

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Rangkaian dari peringatan 216 tahun Jawa Hadeging Kadipaten Pakualaman, panitia menggelar Darma Mulyarja bhakti sosial berupa khitanan bersama di Pura Pakualaman Yogyakarta, Minggu (6/2). Kegiatan tersebut kerjasama antara Kadipaten Pakualaman dengan Klinik Khitan Paramedika Yogyakarta. Ada 60 peserta yang mendaftar dalam khitanan bersama itu.

“Kami berusaha meringangkan beban masyarakat saat Pandemi Covid-19 ini,” jelas Ketua Umum Panitia BPH Kusumo Bimantoro.

Perhatian bukan hanya kepada usia produktif namun juga kepada anak-anak. Khitanan bagi anak laki-laki dalam ajaran Islam hukumnya wajib. Khitan itu sendiri juga bermanfaat bagi kesehatan. Kegiatan tersebut untuk membantu keluarga yang anaknya sudah saat khitan, tetapi terkendala oleh adanya pandemi. Kegiatan juga dihadiri oleh GBRAA Paku Alam yang meninjau jalannya khitanan.

Sementara Direktur Klinik Paramedika Yogya Iin Andung menjelaskan, layanan yang diberikan kepada peserta adalah layanan semurna yang paling baik, sama dengan kalau khitannya membayar. Standar Operasionalnya sama. Oleh karena itu, namanya khitanan bersama bukan khitanan massal.

Layanannya sesuai tuntutan zaman, cepat dan tidak sakit. Anak masuk ke tempat khitan dengan ceria keluar juga ceria, tidak merasakan sakit.

Klinik Khusus Khitan Paramadika memang mengkususkan layanan khitan. Karena anak yang khitan adalah anak sehat, maka sebaiknya tidak jadi satu dengan orang sakit. Hal itu untuk mencegah terjadinya penularan penyakit.

Anak yang sakit juga tidak boleh dikhitan. Klinik Khitan Paramedika Yogya merupakan cabang dari Klinik Paramedika Bandung. Klinik Khitan Paramedika Yogya merupakan cabang yang ketiga.

Layanan khitanan bersama di Pura Pakualaman, menggunakan lima temat tidur dan enam orang dokter. Ruangannya steril, yang tidak berkepentingan tidak diperkenankan masuk. Awak media hanya bisa mengambil gambar dari pintu, dengan waktu yang terbatas. Semua itu untuk menjaga agar anak yang khitan tetap sehat. (War)

BERITA REKOMENDASI