Penyaluran Bansos di DIY Harus Dicermati dan Diawasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di DIY yang mempunyai aktivitas besar segera melakukan belanja pemerintah yang ada kaitanya dengan padat karya, bantuan sosial (bansos) dan lainnya agar bisa mengungkit masyarakat lapisan bawah bisa tumbuh ekonominya. Penyaluran bansos di DIY harus benar-benar dicermati baik sasaran calon penerima manfaat, pengawasan penyaluran agar tepat dan sampai sasaran hingga pendamping dari Dinas Sosial (Dinsos) harus pro aktif melakukan pendataan.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pola pemberian atau penyaluran bansos di DIY harus mencermati beberapa hal antara lain sasaran calon penerima, tenaga pendamping dan lainnya. Salah satunya adalah bantuan tersebut diberikan kepada keluarga yang dinilai masih produktif.

“Penyaluran bansos dengan sasaran calon penerima keluarga produktif sebaiknya bukan bantuan berupa uang tunai yang diberikan. Namun harus ditakar apa yang diperbantukan tersebut disesuaikan dengan keahlian atau keterampilan yang menerima bansos,” katanya di Yogyakarta, Jumat (19/3/2021).

BERITA REKOMENDASI