Penyuluh KB Dibekali Armada Baru

YOGYA, KRJOGJA.com – Meski dari sisi kepegawaian bukan lagi menjadi tanggung jawab daerah, namun Pemkot Yogya tetap memberikan dukungan bagi penyuluh Keluarga Berencana (KB). Salah satunya dengan membekali armada baru berupa kendaraan bermotor roda dua yang proporsional.

“Mereka memiliki semangat tinggi yang tidak pernah pudar. Semoga fasilitas ini bisa meningkatkan kinerja penyuluh KB di lapangan,” jelas Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, usai secara simbolis menyerahkan armada baru, Selasa (28/7/2020).

Total ada 16 sepeda motor baru yang diberikan kepada penyuluh KB. Anggaran pengadaannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 328 juta. Sepeda motor itu pun sudah dimodifikasi guna menunjang kinerja penyuluh KB.

Heroe menjelaskan, salah satu indikator keberhasilan program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga berencana (Bangga Kencana) ialah rendahnya angka kelahiran. Dari target ideal angka kelahiran total 2,1 Kota Yogya berhasil menekan hingga 1,7. Padahal, tingkat kepesertaan KB di Kota Yogya dinilai masih rendah.

“Berarti banyak pasangan usia subur yang tidak menjadi peserta KB namun memiliki kesadaran mandiri untuk memiliki anak tidak lebih dari dua anak,” urainya.

BERITA REKOMENDASI