Perayaan Hari Koperasi ke-75, Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan 

YOGYA, KRJOGJA.com – Perayaan Hari Koperasi ke-75 Tahun 2022 dibuka dengan Upacara yang dilanjutkan dengan lomba-lomba, Selasa (12/7/2022) di Kantor Dinas Koperasi  dan Usaha Kecil Menengah (UKM) DIY, Jalan HOS  Cokroaminoto No 162 Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Lomba yang digelar untuk internal antar bidang ini mampu merekatkan kebersamaan dengan semangat kompetitif dan kerja tim yang solid.

“Sesuai dengan tema Hari Koperasi ke-75 Transformasi Koperasi untuk Ekonomi berkelanjutan, seluruh Staf Dinkop UKM DIY dibekali Budaya Satriya, untuk bersama masyarakat dengan program intervensi untuk meningkatkan kapasitas koperasi terkait dinamika siap menjadi Koperasi Modern,” jelas Kepala Dinkop UKM DIY Ir Srie Nurkyatsiwi MMA kepada KRJOGJA.com usai memimpin upacara.

Lomba diantaranya Lomba Tumpeng, Lomba Tiktok,  Lomba Line Dance, Lomba Memasukkan Ballpoint dalam Botol,  Lomba Balon dengan Joget, Lomba Gigit Uang dari Jeruk Ball berlangsung dalam suasana gembira dan penuh keakraban.
“Budaya Satriya meliputi Selaras, Akal Budi Luhur, Teladan/Keteladanan, Rela Melayani, Inovatif, Yakin dan Percaya Diri, Ahli Profesional menjadi bagian yang terus melekat dalam kinerja, jajaran Dinkop UKM DIY,” tegas Siwi panggilan akrabnya.

Dalam pembinaan pada Koperasi, lanjutnya, kompetisi ada namun tetap ditekankan untuk bergotong royong sesuai budaya bangsa Indonesia. “Membesarkan embrio Koperasi secara visioner dengan target bisnis yang jelas mampu menangkap perkembangan zaman,” jelasnya.

Siwi menyebutkan saat ini total Koperasi di DIY sebanyak 1.900-an koperasi, dengan kisaran hampir 1.688 kategori AKTIF.   “Anggota koperasi di seluruh DIY sebanyak 722.431 orang. Keanggotaan 200 ribu terdeteksi pada koperasi berbadan hukum DIY dan berbadan hukum Sleman dengan  aset koperasi di seluruh DIY mencapai Rp 4,2 Triliun,” jelasnya menyebut inovasi SiBakul juga sukses mengangkat Koperasi naik kelas masuk perdagangan global.

BERITA REKOMENDASI