Percepat Pencairan Bantuan Terdampak Covid-19

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengalokasikan anggaran untuk penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) melalui APBD 2021. Terutama bagi pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) yang belum terakomodasi bantuan serupa oleh pemerintah pusat. Pencairan bantuan bagi terdampak Covid-19 itu pun diharapkan bisa dipercepat.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Yogyakarta Antonius Suhartono, menyebut dari aspek penerima sudah tidak ada persoalan. “Total yang akan memperoleh BST dari APBD Kota Yogya ini mencapai 3.080 orang. Mereka adalah pemegang KMS namun tidak mendapatkan bantuan dari pusat. Jadi sudah tidak ada persoalan menyangkut penerimanya,” jelasnya, Selasa (13/4/2021) malam.

Dirinya yang duduk di Komisi D ini pun sudah menggelar rapat koordinasi dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogya. Hasilnya, proses pencairan masih menunggu peraturan walikota (perwal). Hal ini karena ada perubahan teknis pencairan anggaran untuk pos dana hibah, dari sebelumnya terpusat di Badan Pengelolan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), kini diserahkan ke masing-masing dinas pengampu.

BERITA REKOMENDASI