Percontohan Mulai 5 Februari, GeNose Tes Digunakan di Stasiun Tugu

YOGYA, KRJOGJA.com – Selain rapid tes antigen, hasil pemeriksaan GeNose kini masuk dalam persyaratan untuk melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api. Stasiun Yogyakarta ditunjuk sebagai salah satu percontohan yang akan dilengkapi fasilitas tes karya UGM tersebut.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogya Supriyanto, selain Stasiun Yogyakarta alat tes GeNose juga akan disediakan di Stasiun Gambir Jakarta. “Pada tahap awal layanan pemeriksaan GeNose di stasiun baru akan diberikan untuk Stasiun Gambir dan Stasiun Yogyakarta. Rencananya disediakan bertahap mulai 5 Februari 2021,” jelasnya, Rabu (27/1/2021).

Pemeriksaan GeNose yang menggunakan hembusan nafas dinilai lebih efektif dan ringkas. Kebijakan penggunaan GeNose tes bagi penumpang kereta api untuk perjalanan jarak jauh sudah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan 11/2021. Dalam SE tersebut disebutkan syarat kesehatan bagi individu dengan surat keterangan hasil negatif Covid-19 dari pemeriksaan GeNose Test atau rapid tes antigen. Sampel diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

BERITA REKOMENDASI