Perda PBB dan BPHTB Masuk Target Revisi

YOGYA, KRJOGJA.com – Peraturan daerah (perda) terkait Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) akhirnya masuk target revisi. Hal ini seiring keputusan Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Yogya yang memasukkannnya dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun ini.

Anggota Fraksi PAN yang juga Ketua Bapemperda DPRD Kota Yogya Tri Waluko Widodo, menjelaskan dari sisi kuantitas jumlah Propemperda 2020 tidak ada perubahan. “Jumlahnya tetap sembilan program perda. Tetapi ada dua program yang terpaksa kita drop kemudian digantikan dua program yang menurut kami mendesak, yakni perubahan Perda PBB dan Perda BPHTB,” jelasnya.

Dua program perda yang sebelumnya masuk dalam Propemperda 2020 namun ditunda ialah perubahan perda tentang PD Jogjatama Vishesha, dan rancangan perda pengelolaan sarana prasarana utilitas umum. Keduanya akan diusulkan kembali pada Propemperda 2021.

Sementara perubahan Perda PBB dan Perda BPHTB, imbuh Widodo, dinilai sangat dibutuhkan pada kondisi saat ini. Apalagi setelah dilakukan penyesuaian tarif hingga menyebabkan kenaikan pajak hingga menuai polemik di masyarakat. “Ditambah adanya pandemi Covid-19 yang turut berdampak terhadap sektor perekonomian. Sehingga dengan adanya perubahan Perda PBB dan Perda BPHTB, kami ingin memberikan kepastian hukum kepada warga agar tidak terbebani,” urainya.

BERITA REKOMENDASI