Peringati HKN 2021, RSUP Dr Sardjito Adakan Pemeriksaan Mata Gratis

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021, RSUP Dr Sardjito menyelenggarakan bakti sosial pemeriksaan mata bagi anak di Lobi Instalasi Rawat Jalan, RSUP Dr Sardjito, Minggu (14/11/2021).

Ketua Divisi Oftalmologi Komunitas RSUP Dr Sardjito, Prof dr Suhardjo SU SpM(K) mengatakan, pemeriksaan mata diikuti 91 siswa sekolah dasar yang ada di sekitar rumah sakit serta beberapa anak karyawan mitra kerja rumah sakit.

“Kalau terdeteksi ada kelainan pada mata si anak misalnya mata minus atau silinder, kita pesankan kacamata gratis yang bisa diambil sebulan kemudian,” terang Prof Suharjo di sela kegiatan. Turut meninjau pelaksanaan bakti sosial Dirut RSUP Dr Sardjito, dr Eniarti MSc SpKj MMR.

Menurut Prof Harjo, deteksi dini mata pada anak sangat penting, supaya jika terdeteksi ada kelainan pada matanya bisa segera ditangani. Pihaknya juga terus mengedukasi masyarakat terutama anak-anak agar mengistirahatkan matanya sejenak ketika bermain gadget.

“Kita terus sosialisasikan Triple Twenty yaitu setiap 20 menit bermain gadget (melihat jarak dekat), mata harus diistirahatkan selama 20 detik dengan melihat sejauh 20 kaki atau 6 meter. Ini untuk memberikan kesempatan bagi mata beristirahat,” katanya.

BERITA REKOMENDASI