Perketat Prokes Jelang Libur Nataru, Satpol PP DIY Terjunkan 598 Personel

YOGYA, KRJOGJA.com – Meski Pemerintah Pusat membatalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di semua provinsi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY tetap berupaya menegakkan protokol kesehatan secara ketat menjelang masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini.

Selain menggencarkan pengawasan di destinasi wisata maupun tempat publik, Satpol PP DIY juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan serta mengedepankan penegakan prokes. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 pada masa Nataru.

“Memang dampak dari pembatalan kebijakan PPKM Level 3 saat ini belum begitu dirasakan. Namun diprediksi kebijakan itu akan berdampak pada meningkatnya wisatawan ke DIY pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 mendatang,” kata Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmat di Yogyakarta, Sabtu (11/12/2021).

Noviar mengatakan, guna mengoptimalkan pelayanan dan mengantisipasi adanya penularan Covid-19, pengawasan akan dilakukan dengan memperketat protokol kesehatan dan menambah jumlah personel menjadi 598 orang dalam sehari. Sedangkan dari pengawasan yang dilakukan Satpol PP saat ini, diakui ditemukan banyak pelanggaran terutama terkait kerumunan dan jaga jarak.

“Untuk mencegah kenaikan kasus pada masa Nataru, kami terus melakukan pengetatan dan pengawasan terkait dengan penegakan prokes. Memang kasus Covid-19 sudah mulai melandai, tapi masyarakat termasuk wisatawan tidak boleh mengabaikan prokes. Apalagi saat ini sudah dilakukan pelonggaran di sejumlah tempat yang berdampak pada kenaikan mobilitas masyarakat,” terang Noviar.

BERITA REKOMENDASI