Perlu Ada Petugas Pemantau Pemanfaatan Aplikasi PeduliLindungi

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com –  Aplikasi PeduliLindungi dinilai merupakan alat atau tools yang paling efektif sebagai skrining sekaligus upaya preventif penularan Covid-19 di masa Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Namun sayangnya keberadaan aplikasi PeduliLindungi ini tidak terpantau dengan baik, maka perlu ditempatkan petugas di setiap titik lokasi scan barcode aplikasi tersebut untuk melakukan pemantauan supaya aplikasi terimplementasi dengan baik sehingga skrining benar-benar efektif.

” Suatu aplikasi atau tools (alat) yang paling efektif adalah aplikasi PeduliLindungi sekarang. Tetapi scan barcode aplikasi PeduliLindungi yang sudah banyak dipasang di semua tempat ini seharusnya ada petugas yang memantau. Jadinya kurang efektif skriningnya,” tandas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaningastutie di Yogyakarta, Minggu (26/12/2021).

Pembajun menyatakan pihaknya menyayangkan kurangnya implementasi penerapan aplikasi PeduliLindungi ini menyebabkan ketidakefektifan skrining kepada masyarakat, terlebih di saat terjadinya kenaikan mobilitas atau pergerakan masyarakat pada momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu, pihaknya berharap agar semua tempat yang sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi ini seperti pusat perbelanjaan atau mal, hotel, tempat wisata, restoran dan sebagainya menempatkan petugas.

“Kami berharap di samping ada scan barcode PeduliLindungi, cek suhu badan dan hand sanitizer ada orang. Silahkan diingatkan setiap orang yang datang atau masuk harus scan barcode tersebut tanpa kecuali. Sayang jika hanya dipajang saja tetapi tidak digunakan, padahal prosesnya dengan pengajuan izin dulunya,” tegasnya.

Menurutnya memang dibutuhkan orang atau petugas yang ditempatkan untuk memantau dan menjaga penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Bahkan, Pembajun sangat mengapresiasi kepada pihak-pihak yang benar-benar mampu mengimplementasikan aplikasi PeduliLindungi dengan baik.

“Kami sangat berterima kasih manakala barcode aplikasi PeduliLindungi digunakan dan dimanfaatkan tidak sekedar punya lalu dipanjang saja, itu percuma” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI