Permintaan Melonjak, Harga Daging dan Telur Ayam Meroket

YOGYA, KRJOGJA.com – Fluktuasi harga terus dialami beberapa komoditi bahan pokok pangan antara lain daging ayam, telur ayam ras hingga cabai di DIY jelang bulan puasa atau pekan kedua April 2021. Kenaikan harga beberapa komoditas bahan pangan secara umum dipicu permintaan konsumen, khususnya daging ayam dan telur ayam seiring pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) di DIY awal April 2021 ini.

“Harga daging ayam dan telur ayam naik disebabkan permintaan masyarakat sebagai persiapan kebutuhan jelang ramadan serta bebarengan dengan turun PKH mewajibkan para penerimanya untuk membeli telur ayam dan daging ayam,” tandas Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto di Yogyakarta, Kamis (8/4).

Yanto mengatakan kenaikan harga dialami daging ayam broiler dari Rp 37.300 menjadi Rp 38.300/kg yang melebihi Harga eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 35 ribu/Kg, daging ayam kampung dari Rp73.300 menjadi Rp 75 ribu/kg dan telur ayam ras dari Rp 22.700 menjadi Rp 23.700/kg. Sedangkan komoditas lainya yang mengalami tekanan harga terjadi pada cabai.

BERITA REKOMENDASI