Permintaan Naik, Picu Kenaikan Harga Daging dan Telur Ayam di DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Beberapa komoditi bahan pokok pangan seperti telur dan daging ayam serta cabai di DIY masih mengalami fluktuasi harga paska libur Imlek atau memasuki pekan ketiga Februari 2021. Fluktuasi harga yang dialami beberapa bapok pangan tersebut dipicu kenaikan permintaan konsumen dan pengaruh musim penghujan yang menekan produksi bahan pangan holtikultura.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto mengatakan beberapa bapok pangan yang mengalami fluktuasi harga yaitu daging ayam dan telur ayam serta cabai. Harga telur ayam ras mencapai Rp 23.300/Kg yang masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 24.000/Kg dan harga daging ayam broiler mencapai Rp 33.700/Kg yang juga masih dibawah harga acuan Rp 35.000/Kg.

“Permintaan daging ayam dan telur ayam ras di DIY masih cukup tinggi paska liburan Imlek berakhir. Sebab turunnya Bantuan Langsung Tunai (BLT) memicu kenaikan permintaan konsumen pada Februari 2021 ini,” kata Yanto kepada KR di Yogyakarta, Senin (15/2/2021).

BERITA REKOMENDASI