Pertumbuhan Rendah, Skrining Covid-19 Digencarkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Upaya skrining atau pemeriksaan untuk melihat potensi pertumbuhan Covid-19 di wilayah mulai digencarkan. Hal ini seiring pertumbuhan kasus yang cenderung terus berkurang atau rendah. Sehingga kondisi tersebut harus mencerminkan faktual di wilayah atau tidak ada kasus yang tersembunyi.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan skrining tersebut juga untuk memastikan kondisi Covid-19 di Kota Yogya tidak meluas. “Kami sedang mencoba melakukan skrining di masyarakat. Skrining untuk melihat dan menilai apakah kasus Covid-19 di Kota Yogya benar-benar rendah karena tidak ada kasus,” jelasnya, Selasa (23/11/2021).

Selama ini setiap ada kasus baru, pelacakan atau tracing bagi warga yang mengalami kontak erat juga dilakukan secara maksimal. Hasilnya pun menunjukkan tren yang semakin baik, karena warga yang kontak erat hasil skriningnya negatif atau tidak terjadi penularan kasus.

Heroe menambahkan, proses skrining yang sudah dilakukan ialah menyasar pegawai Pemkot yang kerap berhubungan dengan masyarakat, seperti bagian pelayanan, Sat Pol PP maupun petugas Dinas Perhubungan serta aparatur wilayah. Hasil sampel yang dilakukan pun tidak menemukan kasus. Begitu pula terhadap aktivitas pembelajaran atau lembaga pendidikan yang telah menggulirkan tatap muka secara terbatas di sekolah. “Harapan kita, rendahnya kasus belakangan ini memang merupakan kondisi faktual di wilayah,” tandasnya.

Selain itu, setiap akhir pekan juga masih rutin digelar tes acak bagi wisatawan. Kendati ketika masuk Yogya sudah melalui pengecekan identitas kesehatan, namun perlu ada jaminan yang menyakinkan kondisi kesehatannya. Dengan begitu, wisatawan yang masuk Yogya sudah dalam kedaaan sehat dan ketika pulang juga tetap sehat.

BERITA REKOMENDASI