PKS Berkomitmen Pertahankan Ideologi Pancasila

YOGYA, KRJOGJA.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Yogyakarta menyatakan komitmennya untuk mempertahankan ideologi Pancasila. Munculnya tuduhan tidak pancasilais akibat perbedaan penafsiran Pancasila dikhawatirkan bisa memecah belah persatuan dan kesatuan yang selama ini sudah terjaga.

Ketua DPD PKS Kota Yogya Nasrul Khoiri mengatakan, PKS sebagai bagian dari bangsa Indonesia siap melanjutkan perjuangan yang sudah digariskan oleh para pendiri bangsa. Termasuk berkomitmen menerapkan dan mempertahankan ideologi pancasila. Saat ini masyarakat berhadapan dengan pihak yang menafsirkan Pancasila berdampak pada pecah belah. Ia berharap tuduhan terhadap pihak yang tidak pancasilais harus dihindari agar tidak terjadi perpecahan.

“Ketika muncul pihak yang berbeda pandangan dalam hal politik dan keyakinan sering dianggap tidak pancasilais, tantangan anak zaman saat ini seperti itu. Maka kami melihat upaya mendiskreditkan bahwa setiap anak bangsa yang tidak pancasilais itu adalah upaya yang harus dihentikan, dihindari. Karena pancasila ini sebagai konsensus ya harus kita taati, maka tidak boleh saling menuduh bahwa saya yang paling pancasilais,” katanya dalam Serasehan Pancasila bertajuk ‘Memaknai Nilai Pancasila dalam Bernegara’ secara daring, Selasa (1/5/2021) malam. Narasumber lain Tim Ahli Pusat Studi Pancasila UGM M Jazir ASP dan Budayawan Ashad Kusuma Djaya.

PKS

BERITA REKOMENDASI