Plat Tembaga Miniatur Sumbu Filosofis Jogja Dicuri Orang

YOGYA, KRJOGJA.com – Aksi perusakan dan pencurian menimpa bangunan warisan budaya, tepatnya Miniatur Sumbu Filosofi Tugu Golong Gilig di area Tugu Pal Putih Yogyakarta. Miniatur Axis Sumbu Filosofi berupa plat tembaga panjang dengan panjang 196 centimeter, lebar 16,5 centimeter dan tebal 2-3 centimeter serta plat tembaga pendek dengan panjang 60 centimeter, lebar 16,5 centimeter dan tebal 2-3 centimeter raib digondol orang tidak bertanggung jawab, Selasa (24/3/2020) dini hari.

“Adanya kasus ini, kami dari Dinas Kebudayaan DIY memiliki dua penekanan, yakni pelindungan hukum dan pelindungan fisik,” jelas Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Warisan Budaya Disbud DIY Dian Laksmi Pratiwi, Rabu (25/3/2020).

Untuk perlindungan hukum, pihaknya sudah mengambil tindakan berdasar laporan dari juru pelihara Tugu Pal Putih untuk selanjutnya diproses mengenai laporan perusakan dan pencurian properti fasilitas umum ke Polsek Jetis. “Kami juga melakukan penelusuran CCTV yang dibantu Dishub DIY dan Kominfo DIY,” ucap Dian.

BERITA REKOMENDASI