Pohon Preh Milik Kraton di Kawasan Alun-alun Utara Roboh

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebuah pohon preh berusia tua yang ada di kawasan Alun-Alun Utara Yogyakarta tepatnya selatan Gedung D Wisata Warsa roboh, Senin (24/01/2022) sore. Beruntung saat kejadian, tidak ada warga ataupun wisatawan yang melintas karena pohon roboh mengarah ke jalan umum.

Kapolsek Gondomanan, Kompol Andhies Fitruya Utomo menjelaskan peristiwa pohon roboh terjadi sekira pukul 16.52 WIB. Pohon tersebut terbilang cukup besar dengan diameter 2,5 meter dan tinggi kurang lebih 15 meter.

“Kejadian sekitar pukul 16.52 WIB tadi, tumbang ke arah timur. Berdasar keterangan saksi, sebelumnya ada angin dari selatan kemudian terdengar suara kretek-kretek lalu pohon roboh,” ungkapnya pada wartawan.

Pohon preh yang mirip dengan beringin itu diketahui memang sudah cukup tua. Pohon tersebut menurut Kapolsek merupakan milik Kraton Yogyakarta.

“Memang akar pohon sudah rapuh sehingga akhirnya tumbang. Saat ini sudah dilakukan evakuasi, meski tadi sempat melintang di ruas jalan dari selatan ke utara,” sambung dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI