Posko Pelaporan Kekerasan Anak di Kota Yogya Diperluas

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogya memperluas posko pelaporan kasus kekerasan terhadap anak. Salah satunya melalui Satuan Tugas Siap Gerak Atasi Kekerasan (Satgas Sigrak) yang ada di tiap kelurahan dan kecamatan se Kota Yogya.

Menurut Kepala DPMPPA Kota Yogya Edy Muhammad, selama ini belum banyak warga yang mengetahui keberadaan Satgas Sigrak yang sudah tersebar di wilayah. “Padahal totalnya ada 90 orang di kelurahan dan 15 orang di kecamatan. Padahal keberadaan Satgas Sigrak ini sebagai ujung tombak pelaporan kasus kekerasan anak,” jelasnya, Kamis (26/11/2020) kepada KRJOGJA.com.

Total sepanjang tahun ini terdapat 113 kasus kekerasan anak. Dibandingkan tahun 2018 dan 2019, kasus kekerasan tersebut cenderung menurun. Pada tahun 2018 tercatat 201 kasus, dan tahun 2019 ada 121 kasus. Meski ada kecenderungan kasus yang menurun namun posko pelaporan maupun pendampingan terhadap korban kekerasan anak akan tetap diperluas. Hal ini lantaran angka di atas 100 kasus dinilai masih cukup tinggi.

BERITA REKOMENDASI