Posko PPKM Mikro Tetap Awasi Mobilitas Warga

YOGYA, KRJOGJA.com – Berakhirnya libur lebaran pada pekan lalu tidak akan mengurangi kegiatan pengawasan di wilayah. Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di tingkat RT atau RW tetap diminta mengawasi mobilitas warga di wilayahnya.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan pengawasan tersebut meliputi tiga tahap yakni memantau, mencatat dan melaporkan warga dari luar daerah yang datang. “Usai libur lebaran ini seluruh posko PPKM mikro tetap kami minta untuk memantau mobilitas warga di wilayah masing-masing. Jika ada pendatang pun wajib dilaporkan,” jelasnya, Minggu (23/5/2021).

Menurutnya, pemantauan di wilayah merupakan langkah paling awal untuk mencegah dan mengantisipasi penularan Covid-19 di Kota Yogya. Sehingga posko PPKM mikro memegang peran yang sangat penting dalam upaya menjaga agar kasus penularan tidak berkembang luas. Dimungkinkan ada beberapa warga yang memilih mudik usai libur lebaran, apalagi dalam minggu ini terdapat hari libur nasional. Oleh karena itu pengawasan harus tetap dilakukan guna menjamin setiap warga yang datang tidak menjadi pembawa virus.

BERITA REKOMENDASI