PPKM Level 4, GIPI DIY Berharap Dilengkapi Kebijakan dan Solusi

YOGYA, KRJOGJA.com – Keputusan pemerintah pusat untuk memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dari 3 sampai 9 Agustus, sebetulnya kalau dilihat dari sisi aturan tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Karena semua kabupaten / kota di DIY belum mengalami penurunan level, atau masih di level 4. Jadi aturan dalam kebijakan tersebut relatif masih sama .

“Begitu pemerintah pusat mengumumkan untuk memperpanjang kebijakan PPKM level 4. Kami langsung mempelajari kebijakan perpanjangan yang dimuat dalam Instuksi Mendagri. Nampaknya perpanjangan level 4 nya tidak berbeda dibanding kemarin waktu PPKM level 4. Saya kira kita tetap melanjutkan saja seperti kemarin. Karena salah satu tujuan dari PPKM adalah untuk menekan mobilitas, saya minta semua pihak mentaati aturan yang ada dengan sebaik-baiknya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Drs K Baskara Aji di ruang kerjanya, Selasa (3/8/2021).

Baskara Aji mengatakan, meski ada sedikit pelonggaran, aktivitas ekonomi masyarakat dalam perpanjangan PPKM ini masih dibatasi. Misalnya terkait jam operasional tempat usaha maksimal hingga pukul 20.00 WIB malam dan mall yang belum diizinkan untuk buka. Sedangkan Restoran diperkenankan membuka layanan makan di tempat asal waktu makan dibatasi sebanyak 20 menit.

“Kalau untuk aturan makan di tempat di rumah makan tetap maksimal 20 menit. Sementara untuk sejumlah ruas jalan yang kini tak lagi mengalami penyekatan. Sebenarnya kebijakan itu tidak diatur dalam Instruksi Kementerian Dalam Negeri maupun Instruksi Gubernur DIY. Jadi langkah itu merupakan inisiatif pemerintah setempat dalam upaya membatasi mobilitas warganya,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI