PPKM Mikro Diperpanjang, Masyarakat Diminta Makin Sadar Prokes

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga 14 Juni 2021. Selama PPKM Mikro berlangsung, masyarakat diimbau untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Regulasi PPKM Mikro ini relatif masih sama dengan sebelumnya. Diharapkan dengan disiplin masyarakat, tidak muncul klaster-klaster baru lagi. “Selama daerah lain masih PPKM ya kita ikut. Kita tidak mau ambil risiko dan justru menjadi (zona) merah sendiri dan semakin tidak terkontrol. Padahal daerah lain sudah (zona) hijau. Selama lingkungan belum stabil, PPKM Mikro tetap kita berlakukan,” kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung DPRD DIY, Rabu (2/6/2021).

Saat ini DIY juga masih mempertahankan status tanggap darurat Covid-19. Hal itu karena dalam penanganan Covid-19 dimungkinkan dapat lebih cepat, terutama dalam hal pendanaan. “Saya kira upaya Pemerintah sudah maksimal. Sekarang tergantung bagaimana masyarakat menjaga diri mereka sendiri. Karena PPKM Mikro ini basisnya sudah RT/RW namun masih saja muncul klaster,” ungkap Sultan.

BERITA REKOMENDASI