Program KUR Pemerintah, UMKM Didorong Melek Kelola Keuangan

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah mengucurkan kembali Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk tahun 2021. Untuk memaksimalkan akses, UMKM dan masyarakat pun diharapkan punya pengetahuan mendasar di bidang keuangan.

Nurcholis Suharman, anggota DPRD DIY mengatakan untuk memaksimalkan penggunaan KUR yang diluncurkan pemerintah maka pihak UMKM serta masyarakat juga harus memiliki pengetahuan yang mendasar di bidang keuangan. Artinya menurut dia, masyarakat harus mampu menyiapkan syarat-syarat sebagai penerima KUR, salah satunya ialah harus memiliki rekening di bank dan juga mempelajari seluruh aturan di dalamnya.

“Nah oleh karena itu harus didorong edukasi tentang keuangan inklusif kepada warga, saat ini dalam era digitalisasi hal tersebut menjadi penting, terutama bagi pelaku UMKM. Program inklusif keuangan, juga sudah menjadi program nasional sebagai Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) dan telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2016, memiliki tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, percepatan penanggulangan kemiskinan, pengurangan kesenjangan antar individu dan antar daerah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ungkap anggota Komisi B DPRD DIY ini, Selasa (20/4/2021).

BERITA REKOMENDASI