Program ‘Sister School’ dengan India, Siswa SMPN 5 Yogya Tampilkan Tari Ramayana

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – SMP Negeri 5 Yogyakarta menjalin kerja sama kemitraan (program sister school) dengan Amity International School India. Program ini difasilitasi oleh AFS Intercultural Program India, melalui Bina Antar Budaya Chapter Yogyakarta. Program ini telah disetujui Plt Kepala SMPN 5 Yogya, Retna Wuryaningsih SPd MPd.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMPN 5 Yogya Sekhah Efiaty MPd mengatakan, kegiatan sister school tersebut akan dilaksanakan pada 25 Oktober 2021 secara daring. “Karena ada kemiripan budaya Indonesia-India, maka kami (SMPN 5 Yogya) sepakat mengambil tema Ramayana dalam kegiatan ini,” terang Efi kepada KR

, Jumat (22/10).

Menurut Efi, sebanyak 11 siswa SMPN 5 Yogya berprestasi akan mengikuti kegiatan ini. Mereka adalah
Sekar Hayumi, Rajendra Adinata W, Marsha Anis Yumna, Shafa Karina Dewi, Winayu Ainun Nasuroh, Ayesha Ramadani Nugroho, Rifqa Mahera, Jauzaa P. Annafa, Nadia Nasywa Nareswari, Halimatussa’diyah dan Argya Wirasena Soepomo.

Pada 20 Oktober kemarin, 10 siswa tersebut menyiapkan program ini dengan membuat video Tari Ramayana di Candi Prambanan di bawah bimbingan pelatih Agung Tri Yulianto SSn, dengan penata musik Ren’z Lab Studio. Satu siswa lagi akan mengisi pembukaan dan penutupan dengan memainkan wayang. Video yang sudah jadi nantinya akan dipresentasikan secara dari kepada siswa dan guru India pada 25 Oktober 2021.

Selain presentasi perform Tari Ramayana, siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta juga akan mendeskripsikannya saat presentasi untuk kemudian didiskusikan. Untuk mendeskripsikan isi cerita ke dalam bahasa Inggris, pasa siswa dibantu oleh guru Bahasa Inggris, miss Siti, yang setia menemani saat para siswa latihan di sekolah. Dalam acara ini juga ada virtual tour yang akan dibawakan oleh Sekolah Tumbuh Yogyakarta. Sehari berikutnya dari sekolah India yang akan melakukan presentasi.

BERITA REKOMENDASI