PTKM di DIY Diperpanjang, Fokus Pengawasan Mikro

YOGYA, KRJOGJA.com – Kebijakan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) tahap kedua di DIY akan berakhir pada Senin (8/2/2021). Menyikapi perkembangan yang ada di lapangan dan hasil pertemuan lima provinsi di Jawa dan Bali bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Pemda DIY memastikan akan memperpanjang PTKM mulai 9 Februari sampai 23 Februari mendatang. Sesuai arahan Presiden, DIY dan provinsi lain diminta memperpanjang PTKM dengan pengawasan secara mikro dalam rangka memotong penularan Covid-19 di masing-masing daerah.

“Selama dilakukan kebijakan PTKM memang terjadi penurunan jumlah kasus, tapi prosentasenya kecil. Untuk itu Presiden minta penurunan tersebut diperbesar dengan istilah untuk pengawasan mikro. Jadi perlu memperkuat pengawasan untuk memotong penularan di level paling bawah padukuhan kelurahan, RT/RW. Tindakan tersebut diambil dengan harapan tren kasus Covid-19 yang saat ini sudah masuk ke klaster keluarga dan lingkungan terdekat dapat diminimalisir,” kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X seusai menggelar rapat dengan bupati/walikota se-DIY di Gedhong Pracimosono Kompleks Kepatihan, Sabtu (6/2/2021).

Sultan mengungkapkan, selain mengaktifkan pengawasan di tingkat mikro, Pemda DIY juga fokus pada perekonomian DIY agar tidak semakin terpuruk. Untuk itu dalam PTKM mikro nanti selain desa/kalurahan diminta membuat posko bersama yang melibatkan semua pihak melalui Jaga Warga. Yaitu gerakan bersama yang melibatkan semua warga dalam rangka menjaga keamanan, ketenteraman, ketertiban, dan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi. Pemda DIY juga akan memperpanjang jam operasional tempat usaha.

BERITA REKOMENDASI