PTKM di DIY Diperpanjang, Fokus Pengawasan Mikro

“Kami belum ada rencana melakukan penutupan seperti Jateng. Karena dengan ditutup konsekuensinya besar, tidak hanya hotel, tapi pasar bagaimana, itu harus diperhatikan karena implikasinya besar. Kita hati-hati saja. Pemda DIY tidak akan mampu membiayai masyarakat bila semua ditutup,” ungkap Sultan.

Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Tri Saktiyana menambahkan, PTKM atau yang lebih dikenal dengan PSBB Jawa-Bali tahap atau periode III di DIY kembali diperpanjang sesuai dengan arahan pusat. Dari hasil pelaksanaan PTKM tahap I dan II di DIY, evaluasinya ternyata belum cukup menggembirakan karena kasus konfirmasi positif Covid-19 masih cukup tinggi.

“Jika PTKM di DIY tidak dilanjutkan, kemungkinan dampak berkurangnya kasus pandemi Covid-19 belum dapat dilihat efektivitasnya. Pak Presiden memutuskan melanjutkan pelaksanaan PSBB Jawa-Bali dengan penekanan penanganan hingga pengawasan pada lingkup yang lebih kecil atau mikro di tingkat desa/kalurahan ke bawah hingga RT/RW,” ungkap Tri Saktiyana.

BERITA REKOMENDASI