PTKM di DIY Diperpanjang, Fokus Pengawasan Mikro

Menurutnya, desa/kalurahan harus melakukan dan menetapkan strategi 3T yakni testing, tracing dan treatment, kemudian pemetaan zonasi kasus Covid-19 hingga tingkat RT, penyediaan tempat isolasi mandiri dan sebagainya. Dengan demikian antarkomunitas kecil masyarakat tersebut berlomba-lomba supaya RT, desa/kalurahannya menjadi zona hijau atau tidak ada kasus positif Covid-19.

“Warga pasti ingin dilakukan pembatasan yang lebih ketat lagi supaya tidak menularkan ke desa/kalurahan yang lain disekitarnya, maka mereka berlomba-lomba menuju zona hijau tersebut. Strategi 3T ini didukung sepenuhnya oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang mengeluarkan APBDes sehingga bisa diakses untuk pembiayaan strategi tersebut mulai dari logistik maupun sarana prasarana (sarpras) yang dibutuhkan,” tandasnya.

Pemda DIY juga telah minta agar Pemkab/Pemkot se-DIY yang masih mempunyai APBD bisa mendukung kegiatan di level mikro tersebut, sebab penularan infeksi virus Korona di DIY justru terbesar berasal dari lingkup komunitas kecil seperti klaster keluarga sehingga penanganan difokuskan dari level terkecil.(Ria/Ira)

BERITA REKOMENDASI