PTKM Diperpanjang, Tekan Daya Beli Masyarakat DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Fluktuasi harga masih dialami beberapa komoditi bahan pokok (bapok) pangan di DIY jelang Imlek pada pekan kedua Februari 2021. Hal tersebut dipicu menurunnya permintaan konsumen dengan diterapkannya Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) dan berkurangnya produksi komoditi hortikultura seperti cabai karena masih musim tanam. Sementara itu, ketersediaan pasokan bapok pangan di DIY dipastikan aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat DIY jelang Imlek.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto menyampaikan harga bapok menjelang imlek terjadi fluktuasi. Fluktuasi harga bapok tersebut dialami beberapa komoditi seperti telur ayam ras, cabai dan kedelai.

“Harga telur ayam ras naik dari Rp 21.200 menjadi Rp 21.700/Kg yang masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) pemerintah sebesar Rp 24.000/Kg. Fluktuasi harga telur ayam ras tersebut disebabkan menurunnya permintaan konsumen dengan diterapkannya PTKM khususnya permintaan dari hotel, restoran dan katering atau horeka saat ini,” ujarnya kepada KRJOGJA.com di Yogyakarta, Senin (8/2/2021).

BERITA REKOMENDASI