PTKM DIY Tidak Pengaruhi Penyaluran BST

YOGYA, KRJOGJA.com – Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 10 tidak akan terganggu dengan diberlakukannya Pembatasan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIY yang mulai hari Senin (11/1/2021) kemarin hingga 25 Januari 2021 mendatang. Untuk itu, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak perlu khawatir penyaluran BST tahap 10 yang telah dimulai sejak 8 Januari 2021 dipastikan berjalan sesuai jadwal yang ditentukan.

“Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan penyaluran bantuan sosial (bansos), salah satunya BST ini agar segera dibayarkan dan direalisasikan. Kantor Pos pun kembali dipercaya pemerintah sebagai salah satu lembaga penyaluran BST di DIY, setelah penyaluran BST tahap 9 2020 lalu berjalan lancar. Jadi program BST ini harus segera disalurkan meskipun dalam kondisi PTKM di DIY,” tutur Kepala Kantor Kantor Pos Yogyakarta Arif Yudha Wahyudi di Yogyakarta.

Arif menyampaikan setidaknya ada 120.000 KPM di DIY yang mendapatkan bansos melalui Kantor Pos dengan mayoritas penyalurannya dilakukan di setiap komunitas yang ada di desa atau kecamatan. Pihaknya sendiri melayani penyaluran BST bagi sekitar 60.000 KPM. Sehingga penyaluran BST dipastikan tetap berjalan seperti biasa dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama dua pekan dilaksanakannya PTKM di DIY.

“Kami tetap menerapkan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya kerumunan saat penyaluran berlangsung. Caranya dengan membagi jadwal agar masyarakat tidak berkerumun karena sebelumnya berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di DIY,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI