Raja Belanda Bawa 190 Pengusaha ke Yogyakarta

YOGYA, KRJOGJA.com – Kunjungan Raja Belanda Willem IV-Alexander ke Yogyakarta, Rabu (11/3/2020) ternyata bukan hanya silaturahmi semata. Raja Willem ternyata membawa serta 190 pengusaha Belanda yang bersiap menindaklanjuti investasi.

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja mengungkap selain bersilaturahmi dan kulonuwun, Raja Willem juga membawa serta 190 pengusaha Belanda. Menurut dia, status sama-sama Raja yang disandang Willem dan Sri Sultan HB X membuat raja Belanda merasa harus mampir ke Kraton Yogyakarta.

“Beliau ingin bersilaturahmi, kulonuwun pada Ngarsa Dalem, kebetulan ada kunjungan ke Indonesia jadi merasa harus mampir sekalian ke Yogyakarta, kan sama-sama raja. Setelah ke Kraton, akan ke UGM, lalu Kampung Cyber dan Prambanan sebelum kembali,” ungkapnya pada wartawan di sela pertemuan.

Di sisi lain, hubungan bilateral yang baik antara Indonesia-Belanda membuat Raja Willem tak khawatir adanya isu Virus Corona. Bahkan ia diketahui tetap mengedepankan sisi ekonomi dengan membawa serta 190 pengusaha dan mempertimbangkan sejarah panjang yang terjadi antara Indonesia dan Belanda.

“Kunjungan ini, sisi ekonomi juga tetap mendapatkan porsi dengan ikut sertanya 190 pengusaha dari Belanda. Selama ini Belanda merupakan investor nomor satu di Eropa, dan tampaknya masih tetap akan percaya kedepan, termasuk bidang turisme juga,” tandas Gusti.

Di Kraton sendiri, kunjungan Raja Willem diakhiri dengan jamuan makan siang bersama Sri Sultan HB X. Kunjungan diteruskan ke UGM sebelum ke Kampung Cyber dan Prambanan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI