Rantai Perdagangan Komoditas Strategis di DIY Masih Panjang

YOGYA, KRJOGJA.com – Pola distribusi perdagangan di DIY bagi komoditi bahan pangan strategis yaitu cabai merah, bawang merah dan daging ayam ras memiliki jumlah rantai utama yang sama atau masih panjang rantai distribusinya di seperti tahun sebelumnya. Sementara beras menunjukkan penambahan satu rantai utama.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY Heru Margono mengatakan pola distribusi perdagangan komoditi strategis di DIY yang merupakan jalur penjualan dengan persentase volume terbesar dari produsen ke pelaku perdagangan hingga ke konsumen akhir tahun lalu masih sama seperti tahun sebelumnya. Pola utama distribusi bisa berawal dari luar provinsi karena beberapa wilayah tidak dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan konsumsi suatu komoditas sehingga harus mengimpor dari wilayah lain.

“Kami melakukan survei pola distribusi perdagangan beberapa komoditi strategis di DIY untuk mendapatkan pola distribusi perdagangan dan margin perdagangan dan pengangkutan (MPP) total dari produsen sampai dengan konsumen akhir pada suatu wilayah,” ujar Heru di Yogyakarta, Rabu (6/1/2021).

BERITA REKOMENDASI