Rem Laju Penularan Covid-19, Pemda DIY Optimalkan Tracing dan Testing

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY tidak hanya melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 semata, pihaknya pun meningkatkan tracing dan testing guna mengurangi atau mengerem laju penularan virus Corona. Strategi yang dilakukan dengan mengoptimalkan atau meningkatkan kapasitas tracing terutama tracing kontak erat dan penguatan sumber daya.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengakui rasio tracing di DIY memang masih rendah sehingga perlu ditingkatkan saat ini. Untuk itu, Pemda DIY terus berupaya mengoptimalkan tracing kontak erat maupun dengan penguatan sumberdaya. Kasus aktif Covid-19 di DIY mulai mengalami penurunan beberapa waktu ini sehingga tracingnya turun karena memang kasus terkonfirmasi rata-rata terjadi di keluarga.

“Jika di keluarga tersebut ada satu orang kena Covid-19 dan tidak pergi kemana-mana, maka tracingnya hanya satu rumah saja karena tidak pernah ketemu orang lain. Apabila kemudian satu rumah terdapat 4 orang yang satu sudah di tracing, maka yang 3 sudah tidak perlu di tracing lagi karena dia juga tidak pernah keluar rumah,” ujarnya di Yogyakarta, Minggu (22/8/2021).

BERITA REKOMENDASI