Rentan Penyebaran Virus, Pasar Tradisional Disterelisasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya kembali melakukan sterelisasi pasar tradisional. Kali ini menyasar tiga pasar yang berada di kawasan perbatasan. Selama ini pasar tradisional rentan menjadi lokasi penyebaran virus seiring tingginya aktivitas atau kerumunan masyarakat di sana.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogya Yunianto Dwisutono, mengungkapkan sterelisasi itu berupa penyemprotan disinfektan dalam skala besar dan melibatkan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Kebakaran. “Sebenarnya setiap hari selalu ada penyemprotan disinfektan di semua pasar tradisional yang dilakukan oleh internal pasar. Tapi kali ini memang skalanya lebih besar,” tandasnya, Selasa (5/5/2020).

Selama proses sterelisasi, dalam sehari seluruh pedagang yang ada di pasar tersebut diliburkan dari aktivitas perdagangan. Tiga pasar yang menjadi sasaran penyemprotan secara massal ialah Pasar Kotagede, Pasar Giwangan dan Pasar Gedongkuning. Ketiganya selama ini berada di wilayah yang berdekatan dengan kabupaten lain.
“Sejauh ini belum ada temuan kasus positif akibat penularan di pasar tradisional. Makanya perlu kita jaga jangan sampai terjadi. Pasar yang tidak di wilayah perbatasan juga tetap kita semprot,” imbuh Yunianto.

BERITA REKOMENDASI