Reses Tematik Dorong UKM ‘Melek’ Digital

YOGYA, KRJOGJA.com – Penjaringan aspirasi atau reses yang dijalankan anggota dewan kini tidak lagi monoton. Dengan mengangkat tematik tertentu terutama terkait kondisi kekinian, jaring aspirasi bisa sekaligus diisi dengan pelatihan. Inisiasi reses tematik salah satunya digulirkan oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Yogya Oleg Yohan. Menurutnya, kehadiran anggota dewan di wilayah harus mampu memberikan manfaat bagi konstituen.

“Pada masa kondisi pandemi cukup tepat jika reses tematik digulirkan,” katanya, Selasa (2/2/2021).

Melalui reses tematik, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan. Dimulai dengan pelatihan, praktek hingga muncul hasil karya yang dihasilkan. Tema yang diangkat pun disesuaikan dengan kapasitas.
Oleg mengaku, sesuai ketugasannya di Komisi B ia mengangkat persoalan UKM yang turut terdampak pandemi. Sehingga melalui reses tematik tersebut ia mendorong pelaku UKM untuk ‘melek’ digital.

“Stakeholder terkait turut dihadirkan. Mulai dari instansi sebagai unsur pemerintah, perbankan sebagai korporasi, pengusaha di sektor swasta maupun perguruan tinggi. Jadi ada semangat Gandeng Gendong yang dibangun,” urainya.

BERITA REKOMENDASI