Reses Tematik Dorong UKM ‘Melek’ Digital

Diakuinya, ekonomi masyarakat di Kota Yogya banyak ditopang oleh aktivitas UKM. Akan tetapi saat pandemi, mereka turut terimbas dampak yang cukup pelik. Dengan begitu harapannya usai reses tematik dapat terus berlanjut khususnya adanya pendampingan dari dinas terkait mulai produksi hingga pemasarannya. Dirinya pun sudah berkomunikasi dengan organisasi perangkat daerah terkait.

Disepakati, Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM siap meneruskan pelatihan bagi pelaki UKM. Sedangkan Dinas Perdagangan pun memiliki tanggungjawab untuk memfasilitasi pemasaran. Saat ini pun telah beroperasi ruang ekonomi kreatif yang berada di rooftop Pasar Prawirotaman. Melalui ruang tersebut tersedia sejumlah fasilitas yang bisa digunakan untuk mendukung pemaran digital bagi pelaku UKM maupun akses perijinan untuk usaha mikronya.

“Alhamdulillah gayung bersambut. Perbankan terutama BPD DIY membuka akses permodalan bagi UKM. Pengusaha pun siap berkolaborasi. Sehingga dalam reses kami memperoleh banyak masukan dan peserta juga mendapatkan manfaat,” tandasnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI