Saatnya Sinergi Kelola Sampah Secara Mandiri

YOGYA, KRJOGJA.com – Persoalan sampah di Kota Yogya tidak bisa dipandang sepele. Hal ini karena ketergantungannya terhadap TPA Piyungan. Jika sehari saja TPA Piyungan ditutup maka tumpukan sampah di tiap TPS akan menggunung. Sehingga sudah saatnya semua pihak bersinergi dalam mengelola sampah secara mandiri.

Anggota Fraksi PAN DPRD Kota Yogya Affan Baskara Patria SIP, mengungkapkan pengelolaan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata melainkan juga masyarakat sejak dari rumah tangga. “Program 3R yakni Reuse, Reduce dan Recycle harus benar-benar diterapkan supaya sampah yang dibuang ke TPS hanya berupa residunya saja,” ungkapnya.

Anggota Komisi C yang bermitra dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini menilai, sampah rumah tangga masih menjadi penyumbang terbesar. Selama masa pandemi Covid-19, volume sampah pun berpotensi meningkat. Terutama sampah medis berupa bekas alat pelindung diri, masker, botol hand sanitizer dan lainnya. Sampah medis juga harus dikelola secara khusus agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

BERITA REKOMENDASI