Sambil Bersepeda, Anak Muda Yogya Berbagi 1.000 Nasi Kuning untuk Warga di Momen Hari Merdeka

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Hari Kemerdekaan RI ke-76 dimaknai dengan cara beragam oleh masyarakat. Ungkapan satir merayakan Kemerdekaan dengan lomba bertahan hidup muncul begitu masif tahun 2021 ini, di saat pandemi belum juga usai mendera.

Tagar warga bantu warga pun mencuat, dengan luar biasa menjadi inspirasi, implementasi semangat gotong-royong yang memang sudah jadi budaya. Di Yogyakarta, beberapa komunitas anak muda memilih menyisihkan waktu, tenaga dan materi untuk berbagi makanan pada sesama dengan bersepeda keliling kota.

Anak-anak muda itu berasal dari komunitas Nasi Estafet Jogja, yang sejak dua tahun terakhir bergerak membantu sesama lewat etalase makanan gratis di beberapa sudut Yogyakarta. Di momentum Hari Kemerdekaan, mereka mendapatkan amanah 1.000 nasi kuning dan air mineral dari atlet-atlet nasi estafet (sebutan untuk donatur).

Adhit Dibyandaru, founder Nasi Estafer Jogja lantas memunculkan ide berbagi sambil bersepeda di momen hari Kemerdekaan. Bersama rekan di Nasi Estafet, Zakie Prima Yotanda, mereka bergerak menggandeng beberapa komunitas pesepeda seperti Kalcer.cc dan Demakijo.cc.

“Kemarin kami bergerak seharian, bersepeda membagikan 1000 nasi kuning kepada masyarakat yang membutuhkan di jalanan. Kami jangkau ruas-ruas jalan yang masih dibatasi seperti Tugu dan Malioboro. Kami berusaha berbagi kebahagiaan dengan sesama, melalui nasi kuning ini,” ungkap Adhit pada KRjogja.com, Rabu (18/8/2021).

BERITA REKOMENDASI