Sampai Akhir 2021, Ditargetkan Ada 1200 Kelompok Jaga Warga

“Bisa dibayangkan jika APBDesnya hanya Rp 1 miliar maka anggaran penanganannya hanya Rp 80 juta dalam jangka waktu satu tahun yang dibagi 12 bulan untuk penanganan, pembinaan, biaya shelter dan sebagainya. Jadi anggaranya sangat tidak ideal itulah kendalanya, karena Jaga Warga ini adalah partisipasi masyarakat maka kami mendorong partisipasi masyarakat untuk anggaran fasilitasi yang kita harapkan,” terangnya.

Sementara itu Kepala Kesbangpol DIY, Dewa Isnu Broto menyatakan,? meningkatnya jumlah kasus dan klaster baru dalam beberapa waktu terakhir membutuhkan perhatian serius dari berbagai pihak.Dengan adanya penyebaran yang semakin banyak dan masif serta penularannya sudah di forum kegiatan masyarakat seperti hajatan, kedisiplinan penegakkan Prokes perlu lebih digencarkan.

“Keberadaan Jaga Warga, Linmas atau Satgas dilevel RT/RW? perlu lebih dioptimalkan lagi. Untuk itu pemerintah desa harus mencoba melakukan pembiayaan terhadap konsekuensi dari kegiatan yang dilakukan di Satgas Covid ditingkat desa. Adapun untuk pembiayaan atau alokasi anggarannya bisa menggunakan APBDes,” kata Dewo Isnu Broto.

BERITA REKOMENDASI