Sanksi Pelanggar Protokol Mulai Diterapkan Pekan Depan

YOGYA, KRJOGJA.com – Mulai pekan depan Sat Pol PP Kota Yogya akan menerapkan pemberian sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan sesuai Perwal 51/2020. Masa sosialisasi sejak perwal terbit pada Juli lalu dianggap sudah cukup sehingga tidak ada lagi toleransi bagi pelanggaran.

Kepala Sat Pol PP Kota Yogya Agus Winarta, mengaku selama dua bulan sebelumnya patroli penerapan protokol juga sudah rutin dilakukan. “Ada dua aspek yang kami prioritaskan yakni pelaku usaha dan individu masyarakatnya. Pelaku usaha terkait protokolnya dan individu menyangkut penggunaan masker,” tandasnya, Kamis (10/9/2020).

Selama patroli pihaknya menemukan beragam bentuk pelanggaran. Bahkan sepanjang Agustus 2020 terdapat 1.227 warga yang kedapatan tidak menggunakan masker. Sebagian besar terjadi di pasar tradisional, dan waktu itu sebatas diberikan peringatan.

Sedangkan selama September, khusus di wilayah Tugu dan Titik Nol Kilometer terdapat 176 orang yang tidak menggunakan masker. Mereka juga diberikan sanksi sosial namun masih skala ringan seperti menyapu, ‘push up’ serta menyanyikan lagu kebangsaan.

BERITA REKOMENDASI